• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dr. Jupriaman, S.Pd.,M.Hum Doktor Linguistik Pertama di Kabupaten Labuhanbatu

    Jumat, 05 Mei 2023, Mei 05, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T01:21:49Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    Media DNN - Labuhanbatu | memiliki slogan yaitu Ika bina en pabolo yang bahasa tersebut berasal dari Bahasa Panai Labuhanbatu. Berawal dari slogan tersebut menjadi menarik dikaji dan diteliti oleh ketua kampus STITA Labuhanbatu tersebut di dalam disertasinya mencari makna dan fungsi Ika dan en di dalam Bahasa Panai Labuhanbatu.

    Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Bukhary (STITA) Labuhanbatu meraih gelar S3 Doktor Linguistik Terapan Bahasa Inggris pada Kamis, 04 Mei 2023 lalu di kampus Pascasarjana S3 Linguistik Terapan Bahasa Inggris Universitas Negeri Medan

    Proses peraihan Gelar Doktor S3 di Pascasarjana Unimed itu melalui proses panjang, berawal dari proses penerbitan SK promotor, bimbingan persiapan data awal proposal, seminar proposal disertasi, pengambilan data, seminar hasil disertasi, sidang ujian tertutup I, dan dilanjutkan dengan proses terakhir ujian sidang terbuka yang biasa disebut Promosi Doktor. Setelah dinyatakan lulus oleh tim penguji, promotor, guru besar dan panitia maka Rektor Universitas Negeri Medan mengumumkan hasil kelulusan kemudian dilanjutkan dengan melantik dan menyudisium Jupriaman sehingga berhak menjadi Doktor dan hak-hak yang melekat padanya dengan nilai IPK : 3,93 dengan predikat dengan pujian. Setelah pelantikan tersebut maka sah secara administratif dan SK bapak Jupriaman menyandang gelar paling tinggi di akademik yaitu S3 sehingga beliau telah memiliki legal standing menjadi Dr. Jupriaman, S.Pd.,M.Hum.

    Dr. Jupriaman, S.Pd.,M.Hum adalah lulusan ke 15 ahli linguistik di Sumatera Utara dan menjadi doktor perdana bidang linguistik di kabupaten Labuhanbatu. adapun judul dan novelty disertasi yang dipromosikan adalah Lexicogrammatical aspects of ika and en in Bahasa Panai at Labuhanbatu. 

    Semoga dengan hasil penelitian tersebut dapat memajukan perkembangan bahasa daerah panai Labuhanbatu dan semoga menjadi pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah di kabupaten Labuhanbatu.

    Dr. Jupriaman, S.Pd.,M.Hum ketua kampus Semangat STITA Labuhanbatu itu berpesan agar melalui Pemerintah Labuhanbatu agar segera menerbitkan kebijakan bahasa daerah panai Labuhanbatu agar supaya wajib dipelajari dan diajarkan di sekolah-sekolah menjadi pelajaran muatan lokal pilihan demi menjaga kelestarian dan masa depan bahasa Panai dan agar terhindar dari kepunahan.

    Hasil penelitian disertasi ini telah diterbitkan di jurnal internasional Scopus Q3, dengan kata lain berarti bapak Dr. Jupriaman melalui disertasi nya telah mengenalkan Labuhanbatu dan bahasa panai Labuhanbatu kepada dunia yang bersemboyan kan ika bina en pabolo. (Julip ependi).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini