• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Tanah Longsor Terjadi di Banjararum Kalibawang Akibat Hujan Terus Menerus Selama 3 Jam Lebih

    Jumat, 05 Mei 2023, Mei 05, 2023 WIB Last Updated 2023-05-05T01:11:25Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Media DNN - Kalibawang, Kulonrogo, DIY | Tanah longsor terjadi di wilayah Kalurahan Banjararum Kalibawang pada Kamis, (04/05/2023), akibat hujan lebat yang terus menerus selama lebih dari 3 jam. Bhabinkamtibmas Banjararum Kalibawang turun ke lapangan untuk menyambangi masyarakat dan melakukan koordinasi terkait kejadian ini.

    Di jelaskan oleh Kasihumas Polres Kulonrogo bahwa " terjadi beberapa titik tanah longsor ringan/sedang, salah satunya di rumah Bapak Ponidi merupakan seorang petani berusia 51 tahun.

    Tidak ada korban jiwa/raga/luka-luka, namun terjadi kerusakan material dengan kerugian sekitar 3-5 juta rupiah. Keluarga Bapak Ponidi, yang terdiri dari 5 orang, telah diungsikan ke rumah saudaranya yang berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya".

    Selain itu, terdapat juga tanah longsor pada akses Jalan Padukuhan Popohan yang menutup jalan, dan jalan penghubung antara Padukuhan Mejing dan Padukuhan Brajan juga terdampak.

    Hingga saat ini, situasi masih belum dapat dikondisikan karena kondisi cuaca yang masih hujan dan jalan yang licin serta tanah yang labil, dapat menimbulkan longsoran susulan yang berbahaya.

    Direncanakan pada pagi ini akan dilakukan kerjabakti dan pembersihan longsoran tanah bersama warga dan anggota Linmas, Relawan KSB Kalurahan Banjararum. Pada pukul 20.00, situasi sudah terkondisi dan kondusif, dan di Posko KSB Kal Banjararum Klb, diadakan musyawarah untuk mengambil langkah-langkah dan tindak lanjut pelaksanaan gotong-royong pembersihan longsoran tanah.

    Kapolsek Kaliwang mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalibawang agar lebih waspada pada saat cuaca ekstrem dan mengikuti petunjuk dari petugas atau tim relawan, sebagai upaya menghindari korban jiwa.

    Kompol Sutarno S.H., M.M. mengatakan bahwa pagi ini akan segera dilakukan kerjabakti gotong-royong bersama warga untuk membersihkan tanah longsor, agar aktifitas segera berjalan normal.


    ( Bayu / dumm )

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini