• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Babinsa Desa Mendoyo Dauh Tukad Kawal Kegiatan Persembahyangan Hari Raya Saraswati

    Minggu, 17 Desember 2023, Desember 17, 2023 WIB Last Updated 2023-12-17T03:54:04Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Media DNN - Bali | Babinsa Desa Mendoyo Dauh Tukad, Koramil 1617-02/Mendoyo Serda Suwardi memantau sekaligus pengamanan kegiatan persembahyangan Hari Raya Saraswati di Pura Puseh, Banjar Dlod Bale Agung, Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. (16/12/2023)

    Hadir dalam kegiatan persembahyangan dimaksud diantaranya, Jero Bendesa Desa Mendoyo I Ketut Ardika, Jero Mangku Desa Mendoyo Dauh, Kelian Dines se Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kelian Adat se Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kelian Tempek se Desa Mendoyo Dauh Tukad, Ketua LPM Desa Mendoyo Dauh Tukad I Gst. Ngurah Rutama, Ketua BPD Desa Mendoyo Dauh Tukad IB Putu Suartama, Toga, Tomas dan Todat Desa Mendoyo Dauh Tukad, serta Warga masyarakat Desa Mendoyo Dauh Tukad dengan jumlah keseluruhan yang hadir sekitar 250 orang.

    Makna dari hari raya Sarasvati adalah hari raya turunnya ilmu pengetahuan yang dirayakan setiap 210 hari dengan perhitungan kalender Bali, yang di lakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu pengetahuan.

    Kegiatan persembayangan umat Hindu, yang berlangsung di pura Pura Puseh Mendoyo itu di hadiri sekitar 250 orang

    Pandita Jero Mangku Desa Mendoyo, menyampaikan, “banyak dari kita yang masih melupakan bersyukur atas pengetahuan yang kita peroleh, kita cenderung lebih bersyukur atas hasil dari pengetahuan saja yang sudah berupa material, contohnya seorang petani memanen hasil yang baik, yang di syukuri hanya hasil panen yang baik saja, tapi tidak bersyukur atas pengetahuan yang di dapat, pengetahuan berupa cara mengolah lahan, tidak mungkinkan tiba tiba saja kita terlahir dan langsung mengetahui cara menanam padi dan mengolah lahan pertanian, kita perlu mencari, memperoleh, mempelajari dan akhirnya mengetahui semua itu perlu disyukuri karena semua itu tidak datang dengan sendirinya melainkan pemberian Tuhan melalui turunnya ilmu pengetahuan ini,” tuturnya.

    Di tambahnya lagi, lanjutnya, “Perayaan ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk lebih serius lagi mengucapkan syukur kepada Tuhan atas kemurahan-Nya yang telah menganugerahkan vidya (ilmu pengetahuan) dan kecerdasan kepada kita semua dan dengan vidya kita harus terbebas dari Avidya (kebodohan) dan menuju kebenaran sejati (sat) dan kebahagiaan abadi, seperti yang sudah jelas diketahui, Sarasvati adalah sungai pengetahuan yang mengalir di sungai tertinggi Brahma dan turun ke pikiran kita melalui pintu belajar untuk menjadi mapan dalam diri kita sebagai pengetahuan dan kebijaksanaan, Dia adalah pembersih dalam upaya kita untuk pembebasan,” bebernya.

    Sedangkan pada kesempatanya I Ketut Ardika selaku Jero Bendesa Desa Mendoyo Mengucapkan "Apresiasi kepada pihak pengamanan terutama bapak Babinsa yang selalu berikan rasa nyaman dan aman dalam pelaksanaan Persembahyangan", ujarnya. (Pendim Jbr/Red).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini