• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Matesih

    Rabu, 13 Desember 2023, Desember 13, 2023 WIB Last Updated 2023-12-13T14:28:44Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    Media DNN - Jawa Tengah | Menyikapi musim penghujan yang tidak menentu, BPBD Karanganyar adakan sosialisasi pembentukan destana (desa tangguh bencana) dan pembekalan desa tanggap bencana Desa Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. Rabu, 13/12/2923).

    Bertempat di balai desa Matesih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Zainoel Muttaqin., SAP selaku penyuluh bencana BPBD Kabupaten Karanganyar menerangkan prihal apa itu desa tangguh bencana, dimana dijelaskan bahwa desa tangguh bencana adalah desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya serta mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.


    Yang mana Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pascabencana.

    Selanjutnya dalam pelaksanaan destana nantinya melibatkan secara aktif peran serta masyarakat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah mereka, terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal demi menjamin keberkelanjutan.

    Adapun hal lain yang disampaikan Zainoel kepada para leserta yg hadir adalah seputar menejemen bencana dintaranya pemahaman pra bencana, tanggap darurat dan pasca bencana, selain itu dirinya juga menyebutkan "panca darma relawan : mandiri, profesional, solidaritas, sinergi dan akuntabel", diakhir uraiannya Zainoel yelyelkan slogan "Desa Matesih tanggap, Desa Matesih tangguh, Desa Matesih luar biasa" pungkas Zainoel.


    Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Desa Matesih Andrianto., SH. menyampaikan "dengan adanya destana diharapkan warga Desa Matesih senantiasa siap siaga dalam menghadapi bencana", lebih lanjut Andri berharap "warga Matesih sadar akan risiko bencana, memiliki kegotongroyongan melakukan upaya pengurangan risiko bencana dan memiliki kesiapsiagaan menghadapi bencana serta memiliki kemampuan memulihkan diri dari dampak bencana yang merugikan".

    Adapun Camat Matesih Sugiharjo., S.IP.MM. yang juga hadir dalam aaara tersebut menegaskan "bencana tidak bisa kita hentikan, namun bisa kita kurangi resiko kerugiannya khususnya kerugian korban jiwa", lebih lanjut disampaikan "dengan adanya destana penanganan bencana bisa terpola dan terukur sehingga dampak bencananya tidak meluas kemana-mana".

    (Housien/Red).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini