• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    BPBD Kabupaten Labuhanbatu Gelar Simulasi Hari Kesiagaan Bencana

    Jumat, 26 April 2024, April 26, 2024 WIB Last Updated 2024-04-26T11:17:04Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Media DNN - Sumut |  Memperingati hari kesiapsiagaan bencana,Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten labuhanbatu menggelar simulasi keadaan darurat bencana di kantor BPBD kabupaten labuhanbatu, jalan Gouse Gautama No.88 kelurahan Ujung Bandar kecamatan Rantau Selatan, kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara Jumat (26/04/2024)

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Labuhanbatu Drs.Darwin Yusma M.AP mengatakan,simulasi penanganan keadaan Darurat Bencana ini di laksanakan sebagai kesiapsiagaan personil satgas dalam menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi tanpa bisa di prediksi,khusus nya kejadian bencana banjir,angin puting beliung,dan orang hanyut yang sering terjadi di labuhanbatu. Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap tahun nya.

    Darwin juga menekankan bahwa kesiapsiagaan ini merupakan kegiatan utama dalam upaya pengurangan resiko bencana,yang salah satu nya keadaan darurat dalam mengevakuasi korban bencana,pencarian korban bencana,dan pengamanan aset korban yang berdampak bencana,sehingga masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah di saat tertimpa bencana.

    Dengan di adakan nya simulasi ini,saya berharap Satgas TRC BPBD labuhanbatu yang terlibat agar bisa lebih respek dan peka,siap dan labih mantap dalam menghadapi bencana yang setiap saat bisa terjadi didaerah kita,sehingga kita mampu mengurangi resiko bencana yang terjadi," ujar nya'.


    Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menjadikan 26 april sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana karena bertepatan dengan ditetapkan nya UU No 24 tahun 2007 tentang penanggulangan Bencana.

    Undang Undang ini lah yang menjadi Hukum pertama penanggulangan bencana dari responsif menjadi preventif.
    Hari kesiapsiagaan bencana tahun 2024 kali ini mengangkat Tema "Siap Untuk Selamat" dengan Sub Tema "indonesia tangguh indonesia Hebat".

    Gerakan Siap Untuk Selamat ini diadakan dengan simulasi evakuasi korban bencana yang dilaksanakan secara Nasional pada 26 april 2024 pukul 10;00 waktu setempat di seluruh indonesia.

    Terpantau awak media acara hari kesiapsiagaan bencana di isi dengan simulasi bencana,evakuasi korban bencana dan makan bersama di lokasi acara.
    Tampak dalam acara tersebut di Hadiri oleh Kaban BPBD labuhanbatu,Kabid l pencegahan dan kesiapsiagaan Hardian S.STP, para Staf ASN,Satgas BPBD,PusdalOps PB kabupaten labuhanbatu. Rilis (TA)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini