• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menelusuri Sungai Bilah Dari Keindahan dan Manfaatnya

    Rabu, 01 Mei 2024, Mei 01, 2024 WIB Last Updated 2024-05-01T06:23:12Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Media DNN - Sumut | Mari kita melihat kembali Manfaat serta melihat keindahan Sungai Bilah di Kabupaten Labuhanbatu yang banyak menyimpan sejarah mulai dari tranportasi yang dulunya belum ada jalan dari darat untuk Menuju Desa - desa yang ada di pesisir pantai.Rabu 1/5/2024

    Sejarah Sungai Bilah yang dulunya ada pernah membuat kejayaaan di kabupaten Labuhanbatu seperti banyaknya hasil masyarakat dari adanya Sungai Bilah yang kita lihat seperti Hasil Bumi ,Getah Karet yang dulunya di bawa melalui Sungai Bilah,pisang ,Pasir dan Manyarakat yang ada Hulu sungai Bilah dan Hilir memanfaatkan Sungai Bilah sebelum Pemerintah membangun melalui darat.

    Dengan adanya sungai Bilah yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Awak Media coba menelusuri serta menghimpun  informasi dari Masyarakat yang ada di Pinggiran Sungai Bilah ,serta mencari tahu sejarah sungai Bilah dan Manfaatnya.

    Awak Media menemui salah seorang Warga  yang tinggal di Pinggiran Sungai Bilah M.Roni (60) warga Jalan Pekan Lama , Kelurahan Kota Rantauprapat. kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatra Utara.

    Awak Media Menemui M Roni di Kediamannya Pekan Lama mempertanyakan tentang Sejarah dan manfaat Sungai Bilah yang selama ini terlupakan Bagi Masyarakat ,padahal Manfaat sungai Bilah  dan Hasil dari sungai Bilah.

    Awak Media" Assalamu Alaikum Pak ,ijin Pak mau bertanya tentang sejarah  sungai Bilah dan Manfaatnya bagi Masyarakat" tanya Awak Media.

    Roni" waalaikum Salam ,tumben ada yang menanyak tentang Sungai Bilah ini ,Kalau sejarah Banyak ,mulai Perang Kemerdekaan sampai inilah jalan bagi kami Masyarakat yang ada di pinggiran sungai Bilah Ini,karna ini lah membuat kami bisa bertahan ,karna dulu sungai Bilah ini banyak Kerajaan - Kerajaan Kecil Mulai dari Hulu sampai Hilir dan Manfaatnya ya kalau dulu Membawa apa saja hasil pertanian di bawa melalui Sungai Ini dan sekarang ya tengok lah Pasirnya dapat di gunakan Untuk Bangunan,kalau menurut Orang yang membeli Pasir dari sungai Bilah ini bagus dari Pasir lainnya.

    Lanjutnya" kalau kita kembali menelusuri sungai Bilah ini mulai dari Hulu banyak Indahnya seperti di hulu ada bermacam - macam yang kita lihat seperti Batu mirip kodok ,Batu Melintang dan Banyak Lainnya ,kalau kita ke Hilir mati kita lihat banyak Rumah Penduduk di pinggirannya sampai keta kesungai Berombang berjumpa Laut lepas ,ya kalau lebih jelasnya coba telusuri mulai dari Hulu sampai Hilir banyak peninggalan - peninggalan bersejarah" terangnya.

    Usai mendapat keterangan dari Warga yang ada di Hulu sungai M.Roni  Awak Media mencoba menelusuri ke Hilir Sungai Bilah tepatnya di Kecamatan Panai Tengah ,seorang Warga yang telah Lama tinggal di Pinggiran Sungai Bilah Baharuddin Nasution (63) Warga Ajamu kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu.


    Awak Media coba mengunjungi Kediaman Baharuddin Nasution yang telah Lama tinggal di pigiran sungai Bilah tepatnya di Desa Ajamu Kecamatan Panai Tengah dan ingin mempertanyakan serupa dengan M.Roni tentang sejarah dan Manfaat sungai Bilah.

    Awak Media " Assalamu Alaikum kenalkan Pak saya dari Media ingin tahu sejarah sungai Bilah dan Manfaatnya" tanya Awak Media.

    Baharuddin" Waalaikum salam Abah kenapa baru ini ada orang Mau betanyak tentang sungai Bilah,Oke lah kalau memang mau tau sejarah dan Manfaatnya,Kalau sejarah ya kita lihat di Kecamatan Bilah Hilir ada di kota itu bangunan kerajaan Pane yang dulunya banyak Kerajaan kecil disini di daerah Hilir sungai Bilah ini ,kalau untuk melihatnya pasti kita suka banyak berbagai ke indahan yang alami apa lagi di daerah kami ini ada pasang surutnya air dan kalau kita teruskan bisa kita ketemu Laut lepas.

    Lanjutnya " untuk keindahan Banyak lagi seperti kalau surut Air kita bisa keboting kalau istilah orang disini,seperti daratan di tengah sungai pertemuan antara sungai Bilah dan Laut Lepas ,kalau mau langsung melihat Laut lepas kita ke Pantai Kahona kata orang sekarang ,kalau sejarah ya itu Pulau si kantan yang kononnya anak yang durhaka ,maka datang kutukan ya itu jadi pulau ,maka itu kalau saya boleh saran kepada pemerintah kita untuk membuat wisata disini,kalau untuk Manfaatnya ,ya pasir dan Bisa masyarakat mencari ikan juga dapat membawa bahan pertanian misalnya sawit dan banyak yang lainnya " ucapnya Baharuddin menerangkan sejarah dan manfaatnya.(Julip ependi)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini