• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Ponorogo Pantau Performa Mesin Pengolah Sampah

    Sabtu, 01 Juni 2024, Juni 01, 2024 WIB Last Updated 2024-05-31T17:27:41Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


     Media DNN - Jatim | Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko memantau langsung performa mesin pengolah sampah milik PT Bumi Ekonomi Sirkular (BES) yang akan memilah serta mengolah sampah organik dan anorganik, Jumat (31/5/2024).

    Sugiri Sancoko cukup puas dengan hasil uji coba mesin pengolah sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Mrican. Mengolah adalah formula terbaik mengatasi persoalan sampah menggunung di tempat pembuangan akhir karena akumulasi tumpukan selama bertahun-tahun. "Kalau sampah pembuangan dari pasar bisa langsung dipilah antara yang organik dan anorganik, maka bukan tidak mungkin suatu saat akan ada pakan ternak gratis di Ponorogo,” ungkap Kang Bupati --sapaan Bupati Sugiri Sancoko. 


    Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ponorogo, Gulang Winarno mengatakan mesin pengolah sampah tersebut memiliki. kapasitas maksimal 120 hingga 130 ton per hari. Sampah organik diolah menjadi pupuk atau pakan ternak. Sedangkan sampah anorganik diproses dengan metode refuse derived fuel (RDF) hingga menjadi bahan bakar alternatif. Hasil pengolahan sampah anorganik menjadi hak PT BES.

    Menurut dia, pupuk hasil dari pengolahan  sampah organik akan diserahkan ke dinas pertanian. Peraturan bupati (perbup) tentang tata kelola pupuk hasil olah sampah itu sedang dirumuskan.

    Dengan dilakukannya kegiatan ini problem pelik sampah menggunung di  Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Mrican segera terurai. (Asep)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini