• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Bupati Mojokerto Ingatkan ASN Pentingnya Melayani Sepenuh Hati

    Sabtu, 20 Juli 2024, Juli 20, 2024 WIB Last Updated 2024-07-20T15:46:32Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Media DNN - Jatim | Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto agar dapat memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada seluruh masyarakat.

    Sebab, membuat masyarakat senang dengan pelayanan yang diberikan, akan berdampak besar terhadap kinerja ASN Pemkab Mojokerto.

    Hal tersebut, disampaikan Bupati Ikfina saat menjadi narasumber pada webinar series II mengasah dan mengasuh yang bertajuk 'Pelayanan Tanpa Diskriminasi'.

    "Ini adalah dunia pelayanan, maka dalam posisi kita memberikan pelayanan itu tidak serta merta kita melakukan karena pekerjaan kita, tetapi harus ada yang lain yang mendasari sehingga kita tidak akan merasa terbebani dan keberatan ketika membuat orang lain senang," ujarnya, Jumat (19/7/2024).

    "Karena di pelayanan itu tidak cukup bahwa kebutuhan pelayanan itu diberikan tetapi bagaimana orang yang kita layani merasa senang dan membuat orang lain itu bahagia itu suatu yang sangat luar biasa," imbuh Bupati Ikfina.

    Bupati Ikfina menegaskan bahwa kinerja Pemerintah akan dinilai langsung oleh masyarakat, sehingga dalam memberikan pelayanan tidak hanya sekedar menggugurkan kewajiban dan melakukan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan di tempat masing-masing baik di tingkat pemerintah, kecamatan, maupun desa. Selain itu, dalam memberikan pelayanan harus bisa membuat seluruh masyarakat merasa senang dan merasa dihargai oleh pemerintah.

    "Kita melayani baik itu dari hati. jadi kalau kita masih punya masalah dengan diri kita sendiri, maka tidak akan mudah bisa melayani betul-betul menghargai orang yang kita layani dan orang yang kita layani itu merasa senang sudah bertemu dengan kita meskipun dia tidak mendapatkan yang dia inginkan dalam hal pelayanan," jelasnya.

    Di akhir arahannya, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto juga meminta, agar seluruh ASN bisa terus meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat.

    "Saya minta tolong semuanya bisa siapkan dulu dan setidaknya jangan lakukan untuk hanya sekedar menggugurkan kewajiban tetapi lakukan karena anda tidak ingin kehilangan kesempatan," pintanya.

    Kepala BKPSDM Kabupaten Mojokerto, Tatang Marhaendrata, mengatakan, sesuai fungsi ASN menurut UU No 20 Tahun 2023 yakni pegawai ASN berperan sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

    Maka, sebagai ASN harus bisa memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat hingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diterimanya.

    "Karena ASN abdi negara wajib melayani masyarakat, jangan menjadi yang dilayani. Sebab ASN menjadi perekat pemersatu bangsa," jelasnya.

    Tatang juga mengatakan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, kedepan akan meningkatkan kompetensi sosial kultural ASN, sehingga harapannya kedepan ASN lebih siap ketika menghadapi berbagai permasalahan sosial yang meliputi agama, suku, dan ras yang berbeda-beda.

    "ASN mempunyai fungsi untuk menyelesaikan tugas yang dibebankan mengatasi tantangan yang semakin lama semakin berubah dan ini perlu kompetensi dari ASN yang harus ditingkatkan," pungkasnya.

    Diketahui, pada pelaksanaan webinar series kali ini juga turut dihadiri Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dan diikuti seluruh ASN di lingkup Pemkab Mojokerto.(Asep)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini