• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    “Inovasi Bina Olah Sampah: Pembuatan Kerajinan dari Ecobrick”, Kolaborasi KKN-T Inovasi IPB University dengan PKK Desa Rancamaya, Kecamatan Cilongok

    Minggu, 21 Juli 2024, Juli 21, 2024 WIB Last Updated 2024-07-21T11:18:27Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    Media DNN - Rancamaya, Cilongok | Kelompok KKN-T Inovasi IPB University berkolaborasi dengan PKK Desa Rancamaya, Kecamatan Cilongok, mengadakan acara pelatihan bertajuk "Inovasi Bina Olah Sampah: Pembuatan Kerajinan dari Ecobrick". 

    Perlu diketahui bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan masyarakat dalam mengolah sampah plastik menjadi produk bernilai ekonomis tinggi.

    Gelar acara yang dilaksanakan pada Selasa, 16 Juli 2024 bertempat di Balai Desa Rancamaya dihadiri oleh 60 peserta, yang terdiri dari ibu-ibu PKK dan masyarakat umum. 

    Dalam kegiatan ini, seluruh peserta diberikan pemahaman tentang konsep ecobrick, yang merupakan sebuah metode pengolahan sampah plastik dengan cara memasukkan plastik bekas ke dalam botol plastik hingga padat. 

    Selain itu, peserta juga diajarkan berbagai teknik dan kreasi pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar ecobrick.

    Sebagaimana yang diketahui bahwa, kegiatan pelatihan ini dimulai dengan sesi pengenalan tentang dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan. 

    Selanjutnya, para peserta diajak untuk melihat langsung bagaimana sampah plastik dapat mencemari tanah dan air, serta mepengaruhi kesehatan terhadap makhluk hidup. 

    Melalui penjelasan yang interaktif ini, diharapkan peserta menjadi lebih sadar akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik.

    Lebih lanjut setelah sesi pengenalan dilakukan, kepada para peserta diperlihatkan cara membuat ecobrick. Mulai dari pemilihan botol plastik yang tepat, pemadatan sampah plastik ke dalam botol, hingga teknik membuat botol tersebut menjadi keras dan kuat. 

    Dan tidak hanya itu, yang mana para peserta juga diajarkan cara memanfaatkan ecobrick yang sudah jadi untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan.

    Pada kesempatan ini, wakil ketua PKK Desa Rancamaya Ibu Jarwati ia menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif ini. 

    “Terima kasih kepada Mahasiswa KKN IPB Bogor. Berkat dampingan dan ide kreatif mereka, tangan-tangan lembut ibu-ibu PKK dapat menambah hasil karya yang ramah lingkungan, mudah, praktis, dan bermanfaat,” ujar beliau. Hasil karya dari kegiatan ini berupa meja kecil, rak sepatu, dan rak mini yang nantinya akan dimanfaatkan untuk pojok literasi desa." Pungkasnya. (Red/Faesal).
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini