• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Pelantikan Presiden RI Menjadi Perhatian Dunia

    Minggu, 20 Oktober 2024, Oktober 20, 2024 WIB Last Updated 2024-10-20T10:47:43Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini



    Media DNN - Jakarta | setelah dilaksanakannya pemilihan presiden dan wakil presiden pada 14 Februari 2024, pada hari Minggu 20 Oktober 2024 dilaksanakan pelantikan presiden dan wakil presiden RI Prabowo - Gibran periode 2024-2029.


    Hadir dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden Prabowo - Gibran di istana kemerdekaan RI di Jakarta diantaranya, para kepala pemerintahan, wakil perdana menteri, dan utusan khusus dari berbagai negara sahabat.


    Perlu diketahui bahwa, kedatangan para kepala pemerintahan atau yang mewakili ke Indonesia untuk ikut dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden RI Pranowo - Gibran melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta sejak Jumat, 18 Oktober 2024.


    Kedatangan mereka tidak hanya menjadi bagian dari upacara kenegaraan, tetapi juga membawa pesan dukungan serta kerja sama yang lebih erat di masa depan buat Indonesia.


    Sementara, perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, bersama pendampingnya, tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, pada pukul 20.35 WIB. Kedatangan Marape menandai hubungan erat antara Indonesia dan Papua Nugini, yang terdiri dari berbagai perbatasan darat.

    Namun sebelumnya, sekitar pukul 20.00 WIB, Wakil Perdana Menteri Persemuran Australia, Richard Marles MP, juga tiba di Jakarta.


    Dan kehadiran Marles dalam momen pelantikan ini untuk memperkuat komitmen Australia untuk terus menjadi mitra strategis Indonesia.


    Selain itu juga Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, diketahui tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, pada Sabtu malam, 19 Oktober 2024, sekitar pukul 18.10 WIB. Kedatangan Anwar Ibrahim menegaskan kuatnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, yang selama ini bekerja sama di berbagai sektor strategis.


    Sementara, Suriya Jungrungreangkit, Wakil Perdana Menteri Kerajaan Thailand, juga telah tiba sekitar pukul 17.00 WIB. Thailand dan Indonesia sebagai sesama anggota ASEAN memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama di berbagai forum multilateral.


    Dan sekitar pukul 12.40 WIB, Wakil Perdana Menteri Qatar, Khalid bin Mohamed Al-Attiyah, diketahui telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. Qatar, sebagai salah satu negara di Timur Tengah yang memiliki hubungan kuat dengan Indonesia, diharapkan terus memperkuat kerja sama di berbagai sektor.


    Akan tetapi sehari sebelumnya, pada Jumat, 18 Oktober 2024, Mantan Presiden Republik Federal Jerman, Christian Wulff, tiba di Jakarta pada pukul 15.50 WIB. Kedatangan Wulff yang pernah memimpin Jerman dari tahun 2010 hingga 2012, menunjukkan perhatian Jerman terhadap perkembangan politik di Indonesia dan harapan untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.


    Dalam hal ini, kedatangan para pemimpin dan utusan ini mencerminkan pentingnya posisi Indonesia di kancah internasional.


    Momentum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden kali ini menjadi ajang bagi Indonesia untuk memperkokoh hubungan persahabatan dan memperkuat kerja sama strategis dengan negara-negara sahabat di berbagai sektor, baik di kawasan ASEAN, Pasifik, hingga Eropa dan Timur Tengah. (Slmt).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini