• Label

    Copyright © DETIK NUSANTARA NEWS
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Personil Polsek Kediri Amankan Upacara "Ngerebeg"

    Senin, 07 Oktober 2024, Oktober 07, 2024 WIB Last Updated 2024-10-07T03:13:56Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Media DNN - Bali | Guna tetap terpeliharanya situasi Kamtibmas yang kondusif di Wilayah hukum Polsek Kediri, - Polres Tabanan dalam rangka perayaan hari raya Kuningan serta pelaksanaan upacara "ngerebeg" yang berkaitan dengan upacara pujawali di Pura Luhur Pekendungan, Desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Personil Polsek Kediri ditugaskan di beberapa titik persimpangan jalan untuk melakukan pengamanan. (Sabtu 5/10/2024)

    Upacara "Ngerebeg" ini adalah sebuah tradisi yang dilakukan setiap 210 hari sekali atau 6 bulan kalender Bali. Upacara ini dilaksanakan sehubungan dengan pelaksanaan upacara pujawali di Pura Luhur Pemkendungan, yang berdekatan tempatnya dengan Pura Luhur Tanah Lot. Upacara diawali dengan menurunkan Keris Pusaka yang bernama "ki Baru Gajah" di Puri Kediri. Yang mana Keris ini menurut sejarahnya berkaitan erat dengan perjalanan Ida Pedanda Sakti Wau Rawuh seorang pendeta dari Pulau Jawa datang ke Bali menyebarkan ajaran Agama Hindu dan mendirikan beberapa pahriyangan/pura di Bali pada abad ke 15. Keris Pusaka ki Baru Gajah ini disimpan di Puri Kediri selaku penganceng di Pura Pekendungan dan Pura Luhur Tanah Lot.

    Keris pusaka Ki Baru Gajah diarak menuju Pura Luhur Pemkendungan pada pagi hari dengan berjalan kaki dari Puri Kediri, diiringi tetabuhan gong bleganjur dari warga Desa Adat Kediri secara bergiliran setiap 6 bulan sekali dari masing-masing Banjar adat. Sebelum berangkat menuju Pura Luhur Pekendungan, Keris diupacarai diberikan sesaji, memohon keselamatan agar pelaksanaan upacara puja wali di Pura Luhur Pembendungan berlangsung dengan aman dan lancar. Tujuan dari pelaksanaan upacara ini juga dimaksudkan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Tabanan, yang mana Pura Luhur Pekendungan diyakini sebagai tempat memohon keselamatan para petani dalam bercocok tanam, sehingga bisa menghasilkan hasil pertanian yang berlimpah dan terhindar dari hama penyakit.


    Seijin Kapolres Tabanan AKBP Chandra Citra Kesuma, S.I.K., M.H. , Kapolsek Kediri Kompol I Nyoman Sukadana, S.H M.H., "berkaitan dengan upacara Ngerebeg tersebut personil Polsek Kediri yang ditugaskan untuk melakukan pengamanan terdiri dari unit Patroli Samapta, Lalu lintas, Polsubsektor Tanah Lot, Reskrim, Intelkam, Reskrim dan Binmas serta Bhabinkamtibmas.". Ujar Kapolsek Kediri

    Kapolsek juga menjelaskan bahwa "Dalam pengamanan ini personil ditempatkan di beberapa titik persimpangan jalan dari jalur yang dilalui rombongan upacara ngerebeg seperti di Jaba Puri Kediri, simpang Delod Puri, Persimpangan Desa Nyitdah, Persimpangan Banjar Ulundesa , Desa Beraban, Simpang Belalang, Simpang batanbuah dan persimpangan menuju Pura Pekendungan - Tanah Lot., Pengamanan juga dilakukan bersinergi dengan Pecalang Desa Adat Kediri" jelas Kapolsek Kediri 

    "pengamanan dilakukan dengan cara melaksanakan pengaturan arus lalu lintas, pada jalur yang dilalui, sehingga tidak terjadi mogok macet. Demikian pula halnya pada jalur Pariwisata menuju kawasan Dtw Tanah Lot tetap aman dan lancar. Personil juga melakukan himbauan kepada masyarakat pengguna jalan lainnya untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dan mematuhi peraturan berlalulintas". Tutup Kompol I Nyoman Sukadana, S.H M.H, yang asli putra Kediri ini.(App)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini